Cara Membuat New Project C# ( C Sharp )

Cara Membuat New Project C#, Cara Membuat New Project C Sharp, Project C Sharp, Project C# Views : 65

Cara Membuat New Project C# ( C Sharp ) – Ini merupakan pembahasan pertama dalam pengenalan dan membuat project aplikasi dengan Bahasa Pemrograman C#. Seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya yaitu Pengertian C#. Telah dijelaskan bahwasanya Anda dapat membuat berbagai macam aplikasi dengan bahasa ini. Mulai dari aplikasi desktop untuk komputer PC / Laptop maupun aplikasi untuk Smartphone.

Jenis – Jenis Project C# 

Anda bisa memilih jenis project yang akan dibuat, tergantung pada kebutuhan. Namun, yang penting kita memahami keunggulan masing-masing dari project yang akan kita buat. Berikut beberapa project yang bisa Anda pilih saat pembuatan program ;

1. Windows Forms Application

Template aplikasi yang digunakan untuk membangun project berbasis Windows Form. Biasanya digunakan untuk membuat aplikasi administrasi, game dan masih banyak lagi.

2. WPF Application

WPF merupakan kepanjangan dari Windows Presentation Foundation. Sebuah teknologi lain dari Komunitas Visual Studio yang memberikan sebuah pilihan kepada developer untuk user interfacenya.

3. Console Application

merupakan template aplikas yang digunakan untuk membangun program yang biasa dijalankan dalam mode Command Line.

4. Class Library

digunakan untuk membuat library atau file berekstensi “dll”

5. WCF Service Application

merupakan teknologi lanjutan yang di luncurkan oleh Microsoft untuk system terdistribusi melanjutkan teknologiwebservice, dan saat ini untuk framework 4 , Microsoft sudah tidak menyediakan tool untuk pembuatan webservice, dan secara tidak langsung Microsoft menyarankan menggunakan WCF untuk aplikasi yang berbasis service.

6. Activity Library

merupakan unit kerja yang disusun untuk menghasilkan fungsionalitas berbasis alur kerja. Dalam aktivitas WF4 secara eksplisit mendeklarasikan input dan outputnya melalui argumen. Activity Library Standar diperkenalkan sejumlah aktivitas tingkat rendah. Aktivitas tingkat rendah ini meliputi Assign, Add to Collection, Remove for Collection, Clear for Collection, Invoked Method.

7. WCF Workflow Service Application

Window Communication Foundation (WCF) adalah aplikasi berorientasi layanan. Dengan bantuan WCF kita dapat mengirim data dari satu layanan ke layanan lainnya. Alur Kerja hanya merangkum kegiatan untuk Window Communication Foundation. WCF dirancang untuk menawarkan pendekatan yang dapat dikelola untuk membuat layanan Web dan klien layanan Web.

Sekarang kita mengetahui jenis – jenis project yang ada pada C#. Yaitu terdapat 7 Jenis project dan sudah dijelaskan secara garis besar fungsi project tersebut. Namun ada beberapa yang paling sering digunakan yaitu Windows Forms Application dan Console Application. Untuk pembelajaran dasar biasanya para ahli C# menjelaskan dalam pembuatan project Console Application. Yaitu program dengan tampilan console dan setelah terbiasa makan akan dilanjutkan dengan Windows Forms Application dengan tampilan visual yang lebih menarik disana.

Cara Membuat New Project C# ( C Sharp )

Berikut sedikit contoh cara membuat new project C# dengan Console Application ;

  • Buka Visual Studio, disini saya menggunakan Visual Studio 2010
    Project C Sharp, Project C#
  • 1. Pilih Visual C#
    2. Pilih Console Application
    3. Tentukan nama dan tempat penyimpanan File. Untuk penamaan jangan menggunakan spasi
    4. Pilih OKProject C Sharp, Project C#
  • Buat beberapa kode dasar C# untuk menampilkan hasil aplikasi seperti pada gambar, yaitu dengan menggunakan kode Console.Writeline(“IWTekno.com”); (digunakan untuk menampilkan Output dalam bentuk Text maupun Nilai) dan kemudian tutup dengan Console.Readline(); (untuk kode penutup program pada Console Application). Dan kode diletakkan di bagian Main. Kemudian tekan F5 atau menu yang diberi tanda panah pada gamabar di bawah untuk menjalankan aplikasi.
    Project C Sharp, Project C#
  • Dan berikut hasil dari aplikasinya
    Project C Sharp, Project C#

Nah, Mudah bukan ? Selain membuat project, Anda juga mengetahui bagaimana kode untuk menampilkan Output dalam project Console Application. Dan kode penutup untuk setiap akhiran kode pada project.

Terima Kasih,
Semoga bermanfaat.

You May Also Like